• MTS TARBIYATUL BANIN WINONG
  • Madrasah Maju Bermutu Mendunia

Pedoman Penyelenggaraan Madrasah Aman dan Sehat di Lingkungan Kanwil Kementerian Agama Propinsi Jawa Tengah

Ekosistem sebuah Lembaga Pendidikan Madrasah yang baik dan kondusif dapat mendorong peserta didik mengembangkan potensi terbaiknya. Madrasah harus menjadi tempat yang aman dan nyaman untuk peserta didik menimba ilmu dan mengembangkan segala potensinya. Tidak hanya mempelajari materi pelajaran, tapi juga mempelajari cara bersosialisasi, pengembangan bakat dan minat serta mengembangkan karakter-karakter baik lainnya.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada pembukaan kongres XXIII PGRI 2024 tanggal 2 Maret 2024 di Jakarta, menyampaikan bahwa masih ada kasus kekerasan fisik dan/atau psikis (perundungan/bullying) bahkan hingga memakan korban jiwa di Lembaga Pendidikan yang belakangan menjadi sorotan publik. Presiden Jokowi menekankan Sekolah harus menjadi lingkungan aman dan nyaman bagi peserta didik untuk menjadi generasi penerus bangsa yang unggul dan mendorong agar partisipasi guru untuk membuat Sekolah menjadi rumah aman atau safe house, harus menjadi rumah yang nyaman bagi peserta didik untuk belajar, untuk bertanya, berkreasi, bermain dan untuk bersosialisasi.

Untuk mewujudkan tujuan pendidikan sebagaimana diamanahkan Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional diperlukan sinergitas antara Pemerintah, keluarga dan masyarakat. Madrasah sebagai entitas pendidikan memiliki peran penting, terlebih dengan muatan ilmu agama yang akan mewarnai karakter siswanya disamping dengan ilmu pengetahuan umum lainnya. Demikia juga suasana pembelajaran yang kondusif yang menumbuhkan semangat belajar bagi peserta didik harus dibangun oleh segenap warga madrasah.

Dinamika perkembangan zaman yang dibarengi dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi perlu direspon oleh lembaga pendidikan termasuk madrasah. Fenomena kemajuan teknologi informasi/digital dan era medsos yang menjadi kebutuhan dan gaya hidup generasi masa kini perlu diarahkan kepada hal yang positif dan produktif. Di satu sisi kemajuan ini membawa dampak yang positif antara lain kecepatan informasi, kemudahan layanan, dan akses ilmu pengetahuan yang lebih mudah. Pada sisi lain ada dampak negatif, seperti muncul kejahatan, hoaks, bullying /perundungan dan tindak kejahatan lainnya.

Kondusifitas lembaga pendidikan di madrasah perlu dibangun suasana yang aman dan sehat dalam pengertian yang luas dan positif. Suasana cemas, terintimidasi, perundungan dan tindakan amoral dilembaga madrasah secara sadar harus dihilangkan. Sebaliknya rasa terlindungi, penghargaan pribadi, kebersamaan dan kerjasama perlu di kembangkan dengan baik. Demikian halnya, kesehatan menjadi prasarat penting bagi peserta didik untuk mampu belajar dan berprestasi. Sehat tidak saja jasmaniah tetapi juga rohaniahnya, lebih dari itu juga perlu diwujudkan sehat dalam tata kelola madrasah yang baik tercermin dengan adanya budaya disiplin dan interaksi positif segenap warga madrasah.
Lembaga pendidikan sebagai wahana penyiapan generasi mendatang yang memiliki keunggulan dan daya saing perlu dibekali dengan berbagai kecakapan, baik kemampuan akademik dan non akademik, termasuk kesehatan jasmani dan rohaninya serta sikap mental yang dilandasi nilai-nilai agama dan budaya bangsa. Oleh karena itu banyak program lintas sektoral terkait dengan kesehatan, Satuan Pendidikan Ramah Anak, Pendidikan Inklusi, Adiwiyata, Sekolah/Madrasah Aman Bencana, Pekerja Anak, dan lain-lain. Program-Program tersebut beririsan dan relevan bagi tumbuh kembang anak-anak yang masih belajar di madrasah.
Dengan dasar pemikiran diatas upaya-upaya untuk menyiapkan siswa madrasah sebagai generasi yang unggul dan berdaya saing, maka diperlukan suasana yang kondusif untuk terlaksananya proses belajar mengajar yang efektif. Inspirasi untuk memajukan madrasah tersebut kita wujudkan dengan Madrasah Aman dan Sehat dengan harapan dukungan semua pemangku kepentingan bersinergi mewujudkannya.

Download Pedoman Penyelenggaraan Madrasah Aman dan Sehat

Berikut selengkapnya mengenai Pedoman Penyelenggaraan Madrasah Aman dan Sehat di Lingkungan Kanwil Kementerian Agama Propinsi Jawa Tengah yang dapat di download DISINI

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
ALUMNI MTs BANIN DILANTIK MENJADI KETUA PENGADILAN AGAMA WAINGAPU

H. Fahrurrozi, SHI., MH. dilantik sebagai Ketua Pengadilan Agama (PA) Waingapu yang baru, Rabu (30/10/2024). Bertempat di Aula Hotel Sahid T-More Kupang, pelantikan dilakukan oleh Ket

31/10/2024 11:15 - Oleh Administrator - Dilihat 356 kali
Peringatan Hari Santri di MTs Tarbiyatul Banin: Khotmil Quran, Apel Akbar dan Kirab Akbar Sebagai Bukti Komitmen Santri dalam Menjaga Nilai-Nilai Keagamaan dan Kebangsaan

MTs Tarbiyatul Banin kembali memperingati Hari Santri dengan penuh khidmat dan semangat kebersamaan. Seperti tahun-tahun sebelumnya, peringatan Hari Santri menjadi momen penting bagi se

29/10/2024 08:28 - Oleh AbdiBanin - Dilihat 43 kali
Relokasi Pedagang Kaki Lima (PKL) ke Halaman Belakang Madrasah: Upaya Mewujudkan Lingkungan Tertib dan Bersih

Dalam upaya menciptakan lingkungan yang tertib, aman, dan bersih, MTs Tarbiyatul Banin telah mengambil langkah signifikan dengan merelokasi Pedagang Kaki Lima (PKL) yang sebelumnya berj

19/10/2024 10:35 - Oleh AbdiBanin - Dilihat 37 kali
MGMP Rumpun Mapel MTs Tarbiyatul Banin Winong Bahas Strategi Implementasi CP dan ATP dalam Kurikulum Merdeka

Winong, (06 Oktober 2024) –  Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Rumpun Mata Pelajaran MTs Tarbiyatul Banin Winong sukses menyelenggarakan pertemuan  yang membahas str

09/10/2024 09:42 - Oleh AbdiBanin - Dilihat 75 kali
Menggali Makna Spiritual dan Edukasi Melalui Kegiatan Zarkasi (Ziarah dan Rekreasi) di MTs Tarbiyatul Banin

Dalam rangka memperkaya wawasan siswa serta menanamkan nilai-nilai spiritual dan kebersamaan, madrasah baru-baru ini mengadakan kegiatan Zarkasi, yakni singkatan dari Ziarah dan Rekreas

05/10/2024 12:53 - Oleh AbdiBanin - Dilihat 91 kali